Guru pembelajar,
I. Pendahuluan
Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut. Guru perlu untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).
Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut. Guru perlu untuk meningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkah mengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakan kegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyak dan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronik dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudian disebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan).
Dengan penggunaan moda daring ini,
diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses
sumber belajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat
saling berbagi pengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru
lainnya). Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model
yaitu GP Moda Daring Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP
Moda Daring Kombinasi.
GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya
melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses
pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring
oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor,
dan peserta. GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara
peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara
daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi
belajar secara daring dan tatap muka.
Interaksi belajar secara daring
dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan
pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan
kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka
dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB)
yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi
oleh seorang mentor. Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang
teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan menggunakan
moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun
sebagai pegangan bagi admin dalam melaksanakan dan menjamin serta
meningkatkan mutu program GP moda daring. Buku manual ini memuat
penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP
moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.
II. Laman Utama
Laman utama merupakan laman yang pertama kali dilihat pada saat suatu situs dikunjungi, dimana pada laman utama ini terdapat informasi-informasi yang dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi/membuka laman utama tersebut. Laman utama ini dapat diakses menggunakan web browser seperti Microsoft Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox (Mozilla), Google Chrome (Chrome), Opera, Safari, dan lain sebagainya.
Laman utama merupakan laman yang pertama kali dilihat pada saat suatu situs dikunjungi, dimana pada laman utama ini terdapat informasi-informasi yang dapat dilihat oleh siapa saja yang mengunjungi/membuka laman utama tersebut. Laman utama ini dapat diakses menggunakan web browser seperti Microsoft Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox (Mozilla), Google Chrome (Chrome), Opera, Safari, dan lain sebagainya.
IV. Memulai Kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring
Pengguna (user) dari Guru Pembelajar Moda Daring ini dikelompokan dalam beberapa jenis pengguna dengan hak yang berbeda. Pengguna sebagai peserta (Guru), pengguna sebagai mentor, pengguna sebagai pengampu (Widyaiswara dan/atau Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP). Yang mana ditunjuk oleh instansi pelaksana yang bertugas sebagai fasilitator di dalam pembelajaran Daring) dan pengguna sebagai administrator Learning Managament System (LMS) diberikan kode khusus untuk dapat mengakses laman ini.
Pengguna (user) dari Guru Pembelajar Moda Daring ini dikelompokan dalam beberapa jenis pengguna dengan hak yang berbeda. Pengguna sebagai peserta (Guru), pengguna sebagai mentor, pengguna sebagai pengampu (Widyaiswara dan/atau Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP). Yang mana ditunjuk oleh instansi pelaksana yang bertugas sebagai fasilitator di dalam pembelajaran Daring) dan pengguna sebagai administrator Learning Managament System (LMS) diberikan kode khusus untuk dapat mengakses laman ini.
Kode ini lebih dikenal dengan sebutan
“username” atau nama pengguna. Nama pengguna diberikan oleh pengelola
Guru Pembelajar Moda Daring, dalam hal ini dikenal dengan administrator
(admin). Pemberian nama pengguna tersebut bersamaan dengan kata kunci
atau dikenal dengan “password”. Kedua kode ini dimasukan di dalam kotak
masuk atau “Log in”. Berikut dijelaskan bagaimana memulai
kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring.
kegiatan Guru Pembelajar Moda Daring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar